Facebook Menwa IPB

Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang sangat populer saat ini. Facebook yang sering disingkat dengan sebutan FB ini diluncurkan pada 4 Februari 2004 oleh seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 bernama Mark Zuckerberg, mantan murid Ardsley High School.

Kepopuleran Facebook tidak lepas dari fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan Facebook seperti chatting, update status, photo galery, game, dan sebagainya. Facebook juga memberikan peluang bagi user untuk membuat aplikasi sendiri yang dapat digunakan oleh semua orang melalui website Facebook maupun mengintegrasikannya dengan website diluar Facebook. Kelebihan inilah yang dimanfaatkan oleh Menwa IPB untuk mempermudah publikasi kegiatan dan penyebaran informasi.

Menwa IPB membuat sebuah aplikasi Facebook sederhana yang membaca berita dari website http://menwa.ipb.ac.id dan menampilkannya pada halaman facebook, sehingga pengguna Facebook dapat membaca berita Menwa IPB tanpa harus membuka alamat http://menwa.ipb.ac.id. Aplikasi ini dapat dibuka pada alamat http://apps.facebook.com/menwaipb.

Facebook juga menawarkan fasilitas yang disebut dengan Facebook Connect yang berguna untuk menghubungkan antara account facebook dengan aplikasi lain diluar facebook. Melihat peluang banyaknya mahasiswa dan pengguna internet yang memiliki memanfaatkan Facebook sebagai jejaring sosial, maka Menwa IPB berinisiatif untuk memasang Facebook Connect pada website-nya. Dengan fasilitas ini setiap orang dapat melakukan login ke website Menwa IPB menggunakan username dan password Facebook tanpa harus mendaftarkan diri ke website Menwa IPB. Dengan kata lain semua orang yang memiliki account Facebook dapat menyumbangkan karya tulisnya ke website Menwa IPB. Artikel yang telah dikirim akan diperiksa dahulu oleh administrator sebelum ditampilkan di halaman depan website Menwa IPB.

Website Menwa IPB hanyalah salah satu karya yang menunjukkan bahwa Menwa sebenarnya bukan hanya organisasi yang selalu identik dengan militerisme di mata mahasiswa. Masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan sesuai dengan bidang keilmuan setiap anggota. Menwa mewadahi anggotanya untuk membuat kegiatan yang sejalan dengan minat, bakat dan kemampuan sesuai semboyan Widya Castrena Dharma Siddha, penyempurnaan pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan olah keprajuritan.

Jayalah Menwa IPB…!!!

Jayalah Menwa Indonesia…!!!

Comments are closed.